Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online Menggunakan Aplikasi PLN Mobile dan BebasBayar

cek tagihan listrik

PLN Mobile ini berfungsi sebagai pemberi informasi secara virtual mengenai cara tagihan listrik bulanan pelanggan secara detail. Meliputi biaya pembayaran sampai pemakaian listrik per kWh meter. Bahkan, aplikasi ini memberi tampilan rincian tagihan listrik selama 12 bulan terakhir.

Cara Menggunakan PLN Mobile

PLN mobile merupakan aplikasi khusus yang negara siapkan untuk memberikan kemudahan informasi mengenai jumlah tagihan listrik bulanan setiap pelanggannya. Anda hanya perlu masuk ke akun sendiri menggunakan nomor meteran di rumah masing-masing

  1. Download Aplikasi PLN Mobile

Hal utama yang harus dilakukan sebelum login ke akun PLN mobile adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Untuk pengguna android bisa mengunduhnya di aplikasi Google Play Store, sedangkan IOS dapat memakai App Apple Store.

Selanjutnya buka Aplikasi Google Play Store atau App Apple Store. Kemudian ketikkan “PLN Mobile” pada kolom pencariannya. Klik pada gambar yang memiliki logo PLN, lalu klik menu install atau pasang untuk dapat menggunakannya di smartphone tersebut. Lalu tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

  1. Login Akun pada Aplikasi

Setelah berhasil melakukan penginstalan, Anda harus login di aplikasi tersebut. Jika belum memiliki akun, klik menu daftar. Kemudian isi nama lengkap. IDPEL atau nomor meteran rumah, alamat, nomor telepon, email serta password 6 digit.

Kemudian tunggu hingga proses pembuatan akun selesai. Setelah itu, pengguna dapat menggunakannya setiap kali ingin mengecek jumlah tagihan listrik bulanan di aplikasi PLN mobile ini. Lalu pelanggan dapat mengaksesnya secara gratis tanpa biaya apapun dan kapanpun waktunya.

  1. Klik Tab Informasi

Kemudian klik halaman informasi tagihan dan token listrik, maka dapat melihat grafik naik-turun dari jumlah pemakaian listrik bulanan di rumah masing-masing. Data tersebut menjelaskan secara rinci semua hal yang berhubungan dengan kelistrikan di tempat tinggal pelanggan.

Selanjutnya dapat mengaksesnya setiap hari. Dengan begitu, dapat mengontrol penggunaan listrik per harinya. Sekaligus juga persentase pemakaiannya dalam satu tahun terakhir. Aplikasi PLN mobile ini memang sangat praktis dan mudah untuk semua orang gunakan di masa sekarang.

  1. Lihat dan Amati Halaman Informasi Tagihan dan Token Listrik

Pada halaman ini semua informasi mengenai tagihan dan token listrik tersedia. Anda tidak perlu lagi harus pusing mengecek jumlah sisa token listrik rumah setiap harinya. Cukup dengan menggunakan aplikasi PLN mobile saja sudah cukup untuk mengetahui informasi-informasi tersebut.

Selanjutnya gunakan aplikasi PLN mobile untuk mengetahui banyak informasi tentang tagihan-tagihan dan token listrik. Untuk itu pengguna harus dapat mengaksesnya agar bisa mengerti jumlah pengeluaran untuk pemakaian hal ini dalam tenggang waktu satu tahun.

Menggunakan Aplikasi BebasBayar

Untuk cek tagihan menggunakan aplikasi BebasBayar sangat mudah untuk penggunanya lakukan. Anda hanya perlu memastikan no. id sudah benar dan sesuai dengan data saat pertama kali mendaftar. Pastikan juga nomor telepon terinput sudah tepat agar segala informasi dapat pendaftar ketahui.

Cara cek tagihan listrik adalah mendownload aplikasi BebasBayar di Google Play Store atau App Apple Store. Kemudian masuk ke aplikasi dan akan mendapati kolom isian. Masukkan no. id pelanggan pada tempat yang telah tersedia tersebut.

Lalu isikan juga nomor handphone aktif milik pengguna ke dalam kolom bertuliskan no. telepon. Setelah itu, maka sudah bisa mengakses aplikasi ini di manapun dan kapanpun berada. Kemudian akan muncul sebuah tampilan, klik ikon “cek tagihan” untuk dapat mengetahui jumlah pembayaran bulanan.

Demikian penjelasan mengenai cara cek tagihan listrik menggunakan aplikasi PLN mobile dan BebasBayar. Terdapat banyak apk-apk kalian yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan. Terutama terhadap jumlah pembayaran dan hal lain berkaitan dengan kelistrikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *