Tingkatkan Mutu, Disdik Gembleng Pengawas dan K3S SD

Tingkatkan Mutu, Disdik Gembleng Pengawas dan K3S SD

Tingkatkan Mutu, Disdik Gembleng Pengawas dan K3S SD

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor menggelar kegiatan diskusi dan pelatihan terkait

Peningkatan Manajemen Mutu Sekolah Dasar (SD). Pelatihan ini diperuntukkan bagi pengawas dan ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) se-Kota Bogor.

Diskusi dan Pelatihan yang bertajuk “Melalui Peningkatan Manajemen SD, Kita Wujudkan Manajemen Mutu Yang Konsisten dan Terpercaya” itu dibuka Kepala Bidang Sekolah Dasar, Maman Suherman. Kepala Seksi Kurikulum Disdik Kota Bogor, Yayah Komariah, menjelaskan, diskusi dan pelatihan ini bertujuan untuk menindaklanjuti program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Ini terkait Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) yang berkaitan dengan delapan Standar Mutu Pendidikan

(SMP),” katanya. Selain itu, sambung Yayah, ada beberapa program yang akan dibahas, di antaranya program Sekolah Ramah Anak (SRA).

Target dan harapannya, tak akan ada lagi perundungan terhadap anak anak sekolah di Kota Bogor. Termasuk bagaimana metodenya mengenai pemberian hak hidup kepada anak, hak anak untuk tumbuh dan berkembang, hak perlindungan anak serta hak partisipasi anak yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Untuk program Pendidikan Antikorupsi, pihaknya akan mendiskusikan tentang penekanan karakter anak

yang mengacu pada sembilan poin karakter, yakni Jupe (Jujur, Peduli), Keke (Kerjas Keras), Samad (Sederhana, Adil, Mandiri, Disiplin) dan Berani serta Bertanggung Jawab. “Semuanya itu harus terintegrasi dengan berbagai muatan pembelajaran,” katanya.

Adapun tujuan akhir pelatihan ini, ia berharap mutu pendidikan bisa meningkat di Kota Bogor. Ini sesuai dengan delapan Standar Mutu Pendidikan. Termasuk masalah kesepakatan, masukan dan usulan dari guru dan pengurus dan K3S. “Insya Allah, kegiatan ini akan dilanjutkan pada Senin (29/7) sebagai pilot proyek Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Internal (SPMI) bagi para kepala sekolah seKota Bogor,” ujarnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/3B9QQCH