Peradaban Bacson Hoabinh Serta Lokasi, Pendukung Dan Hasil

Peradaban Bacson Hoabinh Serta Lokasi, Pendukung Dan Hasil

Peradaban Bacson Hoabinh

a. Lokasi

Peradaban Bacson Hoabinh terletk di Lembah Sungai Mekong. Bascon adalah daerah pegunungan dan Hoabinh adalah dataran. Keduanya terletak tidak jauh dari Teluk Tonkin atau sekarang termasuk wilayah Vietnam. Peradaban Bacson ditemukan di bukit-bukit kerang di pegunungan Bacson atau di seblah utara kota Hanoi sekarang. Sedangkan Hoabinh ditemukan di gua-gua di dataran rendah Propinsi Hoabinh.

b. Pendukung

Ras Papua Melanesoid merupakan manusia pendukung peradaban Bacson Hoabinh. Teuku Jacop menyebutkan ras ini dengan nama Ras Austro Melanesoid Yng sekrang menjadi penduduk asli Irian Jaya.

c. Hasil Kebudayaan

Peradaban daerah ini pada mulanya merupakan pusat kebudayaan batu madya (Mesolitikum) di Asia Tenggara. Hasil budayanya yang terkenal adalah:

Kapak Sumatra (Pebble) dengan bangsa Papua Melanesoid sebagai pendukungnya. yaitu kapak yang terbuat dari bayu kali bundar yang dibelah , satu sisinya dibiarkan sedangkan sisi lainnya dikerjakan lebih lanjut sesuai dengan kepeluan. Dalam pengerjaannya kapak ini sebagiab besar masih kasar. Namun ada juga sebagian yang dikerjakan secara halus atau diasah setelah mendapat pengaruh dari bangsa Mongoloid yang sudah tinggi peradabannya.

Kapak pendek (hanche courte), yaitu kapak yang berbentuk setengah lingkaran yang tajamnya terdapat pada sisi yang lengkung dan dikerjakan secara kasar.

Alat-alat yang terbuat dari tulang binatang dalam berbagai bentuk.

Pengaruh budaya Bacson Hoabinh dengan perkembangan awal masyarakat Indonesia. Pengaruh budaya Bacson Hoabin ternyata berkembang sampai ke kepulauan nusantara. Menurut penelitian para ahli dapat disimpulkan bahwa daerah Bacson Hoabin merupakan pusat peradaban atau kebudayaan Mesolithikum di Asia Tenggara. Kebudayaan Bacson Hoabin masuk melalui Thailand Melayu lalu menyebar ke Nusantara. Ciri khas alat batu kebudayaan Bacson Hoabin adalah penyerpihan pada satu atau dua sisi permukaan batu kali yang berukuran kurang satu kepalan, dan sering kali seluruh tepiannya menjadi bagian yang tajam.

Artikel terkait :