Overdraft

Table of Contents

Overdraft

Overdraft

nda bisa meminjam sejumlah uang diatas batas yang telah ditentukan pada rekening bank Anda.

  • Dana biasanya bisa diambil melalui kartu ATM atau kartu debit, melalui rekening cek atau counter.

Hipotek

  • Secara umum dipakai untuk pembelian barang.
  • Memiliki jumlah dana yang besar dan punya jangka waktu pembayaran lebih panjang – biasanya duapuluh tahun atau lebih .
  • Bunga pada pinjaman ini secara umum paling rendah diatara jenis-jenis kredit yang ada. Pinjaman Pay day.
  • Pinjaman jangka pendek yang biasanya jumlahnya kecil atau hanya beberapa juta rupiah.
  • Bunganya sangat tinggi, sehingga penggunaannya harus hati-hati.

Alasan orang menggunakan Kartu Kredit

Berhutang dengan kartu kredit telah menjadi tren di kalangan konsumen Indonesia. Perbankan yang ramai-ramai menawarkan kemudahan memiliki kartu kredit memberi peluang bagi hampir semua orang untuk memilikinya.

Namun demikian, Anda perlu berhati-hati menggunakan kartu kredit. Pasalnya, jika penggunaan kartu kredit tak terkontrol lagi, Anda bisa terlilit hutang. Sebagai pemilik kartu kredit, seringkali kita menunda atau tidak membayar keseluruhan tagihan kartu kredit.

Berikut beberapa alasan orang yang berhutang melalui kartu kredit:

  1. Hidup yang Sulit

Alasan berhutang yang paling terjadi yang menyebabkan seseorang terlilit utang karena sejumlah gajinya dipotong atau terkena PHK. Alasan lainnya, penghutang terkena penyakit yang membutuhkan perawatan yang lama dan tidak murah.

  1. Untuk Foya-foya

Kelompok penghutang jenis ini tak mampu mengimbangi antara pendapatan dan pengeluaran. Kehidupan setiap bulan kelompok ini sejalan dengan pribahasa besar pasak daripada tiang.

Alasan mengeluarkan uang melebihi kemampuan bisa dipicu dari gengsi yang ingin terlihat kaya di depan teman dan orang-orang terdekat. Namun ada juga orang yang pada dasarnya akrab dengan pola hidup konsumtif.

  1. Gila Belanja (shopaholic)

Sebaiknya tipe pemakai kartu kredit ini sangat mudah ditipu dengan barisan diskon dan tulisan Sale di pusat belanja maupun outlet-outlet. Dalam pikiran orang tipe ini, belanja saat promosi atau diskon membuatnya merasa berhemat. Padahal yang terjadi, para penggila belanja biasanya membeli barang melebihi kebutuhan dan sering hanya karena tergoda.
Penggila belanja hanya dapat melakukan pembayaran dengan jumlah minimum yang ditentukan penerbit kartu dan sisanya terkena bunga. Akibatnya, tagihan membengkak karena pembayaran hanya 10 persen dari total tagihan. Meskipun dianggap kecil, jika tidak cepat dilunasi, hutang jenis ini akan berjalan terus selama bertahun tahun dan akan membebani di kemudian hari.

  1. Pinjam-Meminjam dan Modal Bisnis

Beberapa tipe orang menggunakan kartu kredit sebagai sarana untuk meminjamkan orang lain. Sementara lainnya, menggunakan kartu kredit sebagai modal membangun usaha. Alhasil, piutang belum dikembalikan atau usaha mengalami kegagalan atau belum menguntungkan, pengutang tipe ini akan sulit mengembalikan dana yang dipinjam lewat kartu kredit.

Baca Juga :