Mengenal Layanan Google Station yang Tutup Akhir 2020

Mengenal Layanan Google Station yang Tutup Akhir 2020

 

Mengenal Layanan Google Station yang Tutup Akhir 2020

Mengenal Layanan Google Station yang Tutup Akhir 2020

Google baru saja mengumumkan pemberhentian program Google Station di India. Pemberhentian program ini

rupanya juga akan berlaku disejumlah negara, termasuk Indonesia, di penghujung tahun 2020.

Google Station adalah layanan WiFi gratis yang disediakan secara terbuka untuk publik. Google menggandeng rekanan lokal yang bergerak sebagai penyedia akses internet untuk menjalankan program tersebut.

Sebagai platform end-to-end, Google Station memiliki peran sebagai pengelola kualitas koneksi WiFi tersebut. Sementara perusahaan rekanannya menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai jaringan WiFi.

Layanan ini menjanjikan jaringan WiFi berkualitas tinggi. Google Station disebut dapat memberikan pengalaman yang lebih mudah dan cepat ketimbang WiFi publik lain.

Google Station ditawarkan secara gratis kepada mitra dengan pembagian pendapatan untuk monetisasi iklan.

Kehadirannya pun didukung dengan operasi dan jaminan kualitas yang dapat mengurangi biaya penggunaan dan pengoperasian.

Vice President of Payments and Next Billion Users, Caesar Sengupta, mengatakan program yang diluncurkan pada 2015 ini telah membantu jutaan pengguna untuk berselancar di dunia maya dengan biaya yang lebih murah tanpa khawarit tentang jumlah data yang digunakan.

Biaya murah itu sendiri yang pada akhirnya membuat Google memberhentikan program layanannya tersebut. Google berpendapat bahwa programnya tak lagi diperlukan karena saat ini sudah banyak provider yang menawarkan biaya rendah untuk penggunaan data seluler.

Selain itu, menurut Sengupta, menjadi sulit bagi Google untuk menemukan model bisnis yang berkelanjutan dalam

meningkatkan skala program.

Selama beberapa tahun mengembangkan bisnisnya, Google Station telah hadir di sejumlah negara seperti Indonesia, India, Meksiko, Thailand, Nigeria, Filipina, Brasil, Vietnam, dan Afrika Selatan.

Biasanya layanan Google Station ini dapat ditemukan di sejumlah titik-titik pusat keramaian seperti stasiun, taman atau ruang publik terbuka lainnya.

Baca Juga: