Hafal Quran Terus Digalakkan, Wako Padang: Penghafal Quran Diberi Kebebasan Pilih Sekolah

Hafal Quran Terus Digalakkan, Wako Padang: Penghafal Quran Diberi Kebebasan Pilih Sekolah

Hafal Quran Terus Digalakkan, Wako Padang Penghafal Quran Diberi Kebebasan Pilih Sekolah

Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo terus menggalakkan gerakan menghafal Alquran

di kalangan generasi muda. Hampir seribu siswa penghafal quran dilahirkan dalam kurun dua tahun ini. Ke depan generasi qurani ini akan terus dicetak guna mewujudkan kota Padang yang religius.

“Gerakan menghafal quran akan terus kita galakkan agar generasi muda islam di Kota Padang menjadi generasi yang religius dan mengaplikasikan nilai-nilai quran,” kata Mahyeldi di sela acara launching SMAN 2 Padang Menghafal Quran di lingkungan sekolah yang terletak di Jalan Musi, Jumat (15/4/2016).

Menurutnya, orang yang hafal quran, jiwanya jauh lebih tenang. Dan mereka cenderung lebih cerdas. Terlebih jika pengamalan quran tersebut melekat dalam kehidupan kesehariannya.

Untuk itu, menurutnya lagi, Pemerintah Kota Padang mengeluarkan kebijakan, bagi siswa

yang hafal 1 juz, 3 juz dan 5 juz mendapat keistimewaaan ketika akan memasuki sekolah lanjutan. Untuk siswa SD yang hafal 1 juz bisa memilih SMP Negeri mana saja, siswa SMP yang hafal tiga juz bisa memilih SMA atau SMK negeri mana saja di Kota Padang. Sedangkan siswa SMA atau SMK yang hafal 5 juz ada beberapa perguruan tinggi di Kota Padang yang telah berkomitmen menerimanya tanpa tes.

“Kita yakin anak yang hafal quran cenderung lebih cerdas dan kita percaya mereka bisa menempuh pendidikan lebih tinggi dengan baik. Hal ini sudah diteliti dan telah banyak dibuktikan,” imbuhnya.

Pada kesempatan Wako Mahyeldi juga memberikan motivasi bagi siswa SMAN 2

agar lebih rajin membaca quran dan berusaha terus menambah hafalannya.
Sementara itu, Kepala SMA Negeri 2 Padang Syamsul Bahri mengungkapkan, launching SMAN 2 Padang Menghafal Quran merupakan program sekolah dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Padang untuk mewujudkan masyarakat yang lebih religius.

Adapun di sekolah yang terkenal dengan sebutan SMANDOE ini, telah melahirkan 2 siswa yang hafal 5 juz Alquran dan 100 orang lainnya hafal 3 juz. (DU)

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/n1bR1IYdbq